Blog Seputar System Android

Powered by Blogger.

Translate

Dampak Positif Dan Negatif Rooting Android

Bagi kalian yang menggunakan HP Android, pasti sudah akrab dengan istilah root atau rooting Android? Apalagi kalau kalian yang gemar ngoprek HP Android. Tapi kenapa sih banyak orang yang ngerasa harus nge-root HP Androidnya, tapi ada sebagian juga yang takut dan ragu untuk melakukannya? Nah, kali ini saya mau kasih tau lebih mendalam tentang Dampak Positif Dan Negatif Rooting Android.

Sistem operasi Android dilengkapi fitur keamanan yang cukup baik. Banyak data penting dalam sistem yang tidak bisa diakses oleh pengguna, dengan tujuan mengurangi resiko crash/error akibat terhapusnya data penting tersebut. Namun, jika kalian mau mengakses data-data tersebut untuk memodifikasi sistem agar berjalan lebih optimal, kalian membutuhkan akses yang namanya root. Banyak keuntungan yang didapat ketika kalian nge-root HP Android kalian. Namun, bukan berarti tanpa resiko juga. Makanya, disini saya sudah siapkan daftar Dampak positif dan negatifnya rooting Android yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan untukmelanjutkan dan melakukan sebuah rooting di Android.

Dampak positif Rooting Android Yang Harus Kalian Ketahui:


1. Menghapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Terlalu Berguna


















HP Android umumnya memiliki berbagai aplikasi bawaan alias bloatware yang jarang juga kalian gunakan, atau bahkan nggak berguna sama sekali. Yang paling nyebelin itu beberapa aplikasi bawaan ini nggak bisa dihapus dengan cara biasa, bahkan nggak bisa di-disable. Dan jika kalian ingin menghapusnya, kalian membutuh akses root Android.

2. Bikin Baterai Android Lebih Hemat Dan Tahan Lama















Dengan akses root, kalian bisa melakukan beberapa hal yang bisa bikin kinerja baterai HP Android kalian lebih hemat dan tahan lama. Salah satunya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai menggunakan aplikasi Battery Calibration. Cara kerjanya adalah menghapus file "batterystats.bin" yang terdapat dalam sistem. Dan itupun kalian harus mempunyai akses root.

3. Buat Kinerja Android Lebih Ringan dan Ngebut














Kinerja HP Android kalian dapat dibuat lebih ringan dan ngebut dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama Greenify yang dapat membuat RAM kamu jadi jauh lebih lega serta kinerjanya jadi semakin ringan.

4. Membuat Memori Internal Jadi Lebih Lega





















Disaat ini, HP Android terbaru biasanya dibekali memori internal dengan kapasitas besar. Tujuannya, supaya bisa menyimpan banyak data sistem, aplikasi, serta data pribadi. Tapi bagaimana jika HP Android kalian keluaran lama, atau yang harganya murah meriah? Tapi ingin mendapatkan hasil yg hampir sama dengan yg lebih mahal? Tenang saja, Dengan  root kalian bisa menghapus berbagai aplikasi bawaan yang membuat memori internal kalian penuh/sesak, serta dapat memindahkan data-data aplikasi ke kartu memori dengan aplikasi Link2SD. Jadi, memori internal kalian jadi jauh lebih lega dari sebelumnya dan kinerja Android kalianpun akan semakin ringan dan ngebut.

5. Custom ROM Bikin Tampilan Android Lebih Keren Dan Unik















Kalau kalian bosan dengan tampilan HP Android kalia yang cuma gitu-gitu aja, atau pengen tampil beda dengan Custom ROM, berarti kalian harus berani rooting Android kalian. Dengan menggunakan Custom ROM, tampilan Android kalian akan lebih keren, serta banyak fitur unik yang nggak tersedia di Android biasa.


Namun, di balik segala dampak positif tersebut, terdapat juga beberapa dampak negatifnya yang perlu kalian perhatikan. Jadi, kalian harus pikirkan matang-matang sebelum melakukan root HP Android kalian. Inilah beberapa dampak negatif yang diakibatkan rooting Android.

Dampak Negatif Rooting Android


1. Garansi Hilang

Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis. Jadi, kalau terjadi error sistem atau bahkan kerusakan komponen, pihak produsen tidak bertanggung jawab. Tapi tenang saja sob.. Kalian bisa mengakali hal ini dengan meng-unroot HP Android kalian sebelum dibawa ke service center untuk diperbaiki.

2. Kerusakan Sistem, Error, Bootloop, Softbrick, dan HardBrick




















Bagi kalian yang sering ngoprek HP Android, pasti sudah nggak asing kan dengan istilah-istilah di atas? Intinya sih, jika terdapat kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kalian bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem, atau bahkan mati total. Kegagalan root juga beresiko merusak komponen alias hardware HP Android kalian, Yap.. inilah salah satu resiko terbesar yang mengancam HP Android yang di-root. Untuk mencegah resiko kegagalan yang terjadi, kalian perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya memastikan baterai HP Android kalian terisi cukup penuh, men-download bahan-bahan root dari sumber yang terpercaya, memastikan bahan-bahan tersebut sesuai dengan tipe HP Android kalian, serta menjalankan setiap langkah dalam prosesnya dengan benar.

3. Keamanan HP Android Menurun dan Terancam Malware














Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware.


Itulah berbagai Dampak Positif Dan Negatif Rooting Android yang wajib kalian ketahui. Intinya, kalian harus memahami cara untuk melakukan root yang baik dan benar. Kalau kalian masih ragu-ragu, minta bantuan saja kepada teman kalian yang berpengalaman.


Semoga apa yang saya jelaskan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kawan-kawan android. Jangan pernah takut untuk melakukan hal yg baru sob, agar lebih luas wawasan pengetahuan kita.

Salam Oprekers Indonesia....
Labels: Rooting

Thanks for reading Dampak Positif Dan Negatif Rooting Android. Please share...!

0 Comment for "Dampak Positif Dan Negatif Rooting Android"

Back To Top