Blog Seputar System Android

Powered by Blogger.

Translate

Cara Swap/Menambah Ram Android Menggunakan Ram Manager Pro

Customandroid96.blogspot.com - Ram Manager - Ialah sebuah aplikasi yang memang difokuskan untuk mengoptimalkan kinerja Ram pada smartphone android. Ram Manager juga bisa digunakan sebagai media aplikasi untuk Swap file Ram. Aplikasi ini dapat membantu android kalian untuk meringankan kinerja Ram yang sesak ataupun penuh yang membuat smartphone android kalian menjadi sering lag/lambat dalam setiap membuka/menjalankan aplikasi agar kinerja android kalian bisa lebih lancar dan ringan. Kelebihan dari aplikasi Ram Manager sendiri memang terbilang cukup bagus, selain memang toolsnya yang banyak dan juga memang sudah terbukti work untuk swap file ram dan meningkatkan kinerja android.
Cara Menambah Atau Swap Ram Android

Beberapa Contoh Tools Dari Ram Manager:

  • Balance : Tools ini berfungsi menyeimbangkan performa android pada semua tools aplikasi Ram Manager Pro.
  • Hard Gaming : Tools ini lebih fokus menaikkan performa android saat bermain game.
  • Hard Multitasking : Tools ini mempunyai peranan menaikkan performa android anda pada kegiatan multitasking, misalnya membuka aplikasi secara bersamaan.
Operating System Android atau yang sering disebut dengan si robot hijau ini memang sudah cukup mempunyai beberapa kelebihannya sendiri. Tetapi dari beberapa kelebihan yang dimiliki android bukan berarti tidak memiliki kekurangan juga. Yaa seperti apa yang sekarang ini saya jelaskan, Yaitu salah satu dari kekurangan android sendiri adalah Ram. Ukuran Ram yang kecil pada android mengakibatkan performa smartphone android kalian akan melambat atau lag/patah-patah dan bahkan bisa terjadi hang. Oleh karena itu para Developer ternama dari XDA mempublikasikan aplikasi Ram Manager ini untuk mengatasi hal itu semua. Bagaimanakah Caranya???

Oke.. Kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman tentang Cara Swap Ram Android Menggunakan Ram Manager Pro. Fungsi utama dari swap ini adalah untuk membantu kinerja dari memory utama (RAM). Logikanya, andaikan android kalian memiliki RAM dengan ukuran 1 GB, kemudian kalian membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Dapat diketahui bahwa apabila kita akan membuka aplikasi pada android, maka data-data aplikasi tersebut akan tersimpan sementara di RAM. Dan andaikan kalian membuka aplikasi BBM, Whatsapp, atau chatingan dan sambil browsing juga tentunya ini akan menghabiskan banyak memori, karena aplikasi yang kalian buka itu merupakan aplikasi yang cukup berat. Apabila kalian melakukan hal itu secara terus menurus/berlama-lama maka otomatis kinerja android kalian akan semakin lambat/lag. Oleh karena itu dengan adanya swap akan sedikit meringankan kinerja RAM, apabila RAM telah penuh, maka sebagian data-data akan ditransfer ke swap (memory virtual).

Perlu juga diingat bahwa ukuran swap di android sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas RAM android yang kalian miliki. Ukuran swap biasanya maksimal 2X lipat dari ukuran RAM. Misalkan android kalian memiliki RAM dengan ukuran 1 GB, maka sebaiknya anda membuat swap dengan ukuran 2 GB dan begitu juga seterusnya.

Kita Langsung Praktekkan!!
Syarat:
● Android Wajib Harus Root - Bisa Lihat Disini Cara Root Android Tanpa PC

Bahan:
● Karena Aplikasi Ram Manager Pro Ini Berbayar Jika Di Playstore Maka Download Saja Ram Manager Pro Di Google Atau Versi Yang Baru Di Blackmart.

Langkah:
  • Install dan jalankan Ram Manager Pro
  • Centang "Set on boot"
  • Ke menu "Extra"
  • Centang juga "Lock launcher in memory"
  • Pilih "Swap file"
    Cara Menggunakan Ram Manager Pro
  • Akan muncul Pop-up seperti gambar dibawah. Lokasi Swap tidak perlu diubah, Lalu tentukan berapa besar file yang ingin kalian swap, (Tergantung sisa free memory di sdcard kalian)
    Cara Swap Ram Di Android
  • Kemudian klik "Confirm"
  • Tunggu loading beberapa saat, cukup lama kira-kira sekitar 5 menit.
  • Setelah selesai langsung aja kembali dan reboot.
  • Nah.. Setelah android selesai reboot, Sekarang kalian bisa cek berapa sisa Ram android kalian setelah di Swap.
Perlu juga diingat, setelah melakukan swap/menambah Ram android, Otomatis di sdcard kalian akan ada file swap dipaling bawah yang besar filenya tergantung besar file yang kalian swap tadi. Dan penting sekali bahwa file yang di sdcard jangan pernah kalian hapus. Apabila file itu kalian hapus/ kalian melepas sdcard kalian, Otomatis Swap/penambahan Ram kalian akan hilang atau Ram kalian akan kembali seperti semula.

DIWYOR
"Do It With Your Own Risk"
"SEGALA KERUSAKAN DITANGGUNG PENGGUNA!!!"

Ingat!! Keterbatasan bukan berarti kita harus diam!!!
Mencari dan Melampaui keterbatasan, Itulah Oprekers!!
Oke.. Thank's sudah mampir, Sekian untuk Cara Swap/Menambah Ram Android Menggunakan Ram Manager Pro dari saya. Dan Apabila ada yang kurang dimengerti dari tutorial diatas silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah.

"Apabila Menurut Kalian Artikel Ini Bermanfaat, Mohon Share Ke Teman-Teman Yang Lain. Barangkali Ada Yang Memerlukan Atau Mencari Cara Swap Ram Android. Thank You"
Labels: Aplikasi

Thanks for reading Cara Swap/Menambah Ram Android Menggunakan Ram Manager Pro. Please share...!

2 Comment for "Cara Swap/Menambah Ram Android Menggunakan Ram Manager Pro"

Back To Top